February 24th, 2009 by catur

The best way to be a tolerant, open-minded person is to always remember that everyone has different ways of doing things, and that most of the time there is not just one right way for anything!

Fitrah setiap insan, baik pria maupun wanita, baik terpelajar maupun tidak, adalah sama. Setiap manusia memiliki hati nurani dan senang apabila diperlakukan dengan kelembutan dan kasih sayang. Kekuatan lemah lembut dan kasih sayang telah memberikan kenyamanan kepada banyak manusia di seluruh penjuru dunia. Lemah lembut dan penuh kasih sayang bukan hanya milik wanita, tetapi juga pria memiliki sikap lemah lembut.

Pribadi yang lemah lembut adalah Pribadi yang peka terhadap orang-orang disekelilingnya. “Peka” berarti penuh perhatian, inisiatif, memiliki rasa ingin menolong orang lain, tidak “cuek”. Dengan bersikap lembut dan penuh kasih, tidak menjadikan kita dianggap lemah atau rendah, dengan bersikap lembut akan membentuk pribadi kita jadi lebih kuat, dan luar biasa dalam menjalani kehidupan baik dalam menerima kebahagiaan dan dalam menerima cobaan hidup. Karena hidup tidak selalu dalam keadaan bahagia, dan cobaan yang membuat kita lebih kuat. Berbahagialah orang yang selalu berupaya bersikap lemah-lembut.

Kita harus memiliki kepekaan, bukan saja peka terhadap hal-hal besar, namun peka pula terhadap hal-hal kecil; sepele. Tidak ada satu pun yang besar, kecuali diawali oleh sesuatu yang kecil. Semegah dan setinggi apapun gedung, pastilah ia tersusun atas bata dan besi-besi kecil. Kepekaan akan menunjukkan seberapa baik kualitas diri kita. Rasulullah SAW adalah pribadi yang sangat peka terhadap kebaikan atau dosa sekecil apapun, hingga beliau menjadi orang yang sangat berkualitas.

Pikiran yang lembut dan penuh kasih sayang akan menonjolkan tentang indahnya kehidupan, akan membangkitkan rasa syukur, dan memberi keihklasan karena anda menerima kehidupan ini dengan penuh rahmat dan anugrah. Dan membuat kejadian yang terjadi pada hari-hari anda begitu indah dan menakjubkan.

“Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrah-pun, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah-pun, niscaya dia akan melihat (balasan)-nya pula” (QS Az-Zalzalah [99]: 7-8).

3 Responses to “Be Sensitive To Others”

  1. R U one of them?
    I mean a Sensitive person too?

  2. n loveable person too… :)

  3. Yup. U R right !

Leave a Reply