May 23rd, 2009 by catur

Seorang ibu guru SD ingin menanamkan kepada murid-muridnya bahwa membenci orang itu tidak baik, dan memberi maaf adalah lebih utama. Beliau menyuruh setiap anak muridnya menuliskan nama orang-orang yang mereka benci. Ada yang menulis nama satu orang, ada yang sampai menulis lima nama orang yang dibenci. Nama-nama orang yang mereka benci itu ditulis pada secarik kertas, kemudian ditempelkan pada kentang yang sudah direbus dan disimpan dalam kantong plastik. Para murid ini disuruh menyimpan kantong plastik kentang tadi di dalam tas sekolah mereka, dan tidak boleh dikeluarkan.
Setelah lebih dari satu minggu mereka mulai mengeluh tentang bau busuk dari kentang yang selalu ada dalam tas sekolah mereka. Ketika semua murid sudah berada dalam kelas, ibu guru menyuruh mereka mengeluarkan kantong plastik berisi kentang busuk dan mengeluarkan kentangnya. Beberapa dari murid ada yang tidak tahan bau busuk kentang, dan bereaksi seperti mau muntah.
Ibu guru, sambil tersenyum berkomentar “Busuk dan menjijikkan bukan ?” Tentu saja mereka serentak menjawab sesuai dengan apa yang mereka alami dengan kentang tersebut. “Selama berhari-hari kalian membawa kentang busuk di dalam tas, menjadi beban bukan ? Demikian juga halnya beban yang kalian bawa selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan jika kalian membenci seseorang. Beban ini akan berkurang jika kalian berhenti membenci orang tersebut dengan cara memaafkan kesalahannya”.

(Adapted from: Bulletin Da’wah Al-Aman, Edisi 24/2009)

Rasul bertanya kepada para sahabat: “Maukah aku ceritakan kepadamu tentang sesuatu yang menyebabkan Allah memuliakan bangunan dan meninggikan derajatmu? Para sahabat menjawab, “tentu”. Rasul bersabda, ‘Kamu bersikap sabar kepada orang yang membencimu, memaafkan orang yang berbuat zhalim kepadamu, memberi kepada orang yang memusuhimu, dan menghubungi orang yang telah memutuskan silaturrahim denganmu.’” (HR Thabrani)

3 Responses to “Memaafkan kesalahan”

  1. wheee…..tiru-tiru, bc artikelku memaafkan, pk kentang jg je…mbok dirimu rodo kreatif pake lombok dan kelapa biar jadi sambel goreng kentang sisan…..

  2. wow…tanggane bu supardi, dadi mikire yo mung catering wae….:P

  3. Bagus banget artikelnya.. thanx udah share 😀

Leave a Reply