December 8th, 2009 by catur

IPS

Instruksi per detik (Inggris: instructions per second (IPS)) adalah sebuah ukuran kecepatan prosesor komputer. Umumnya IPS yang dilaporkan merupakan angka maksimum instruksi per detik dimana dalam dunia nyata jumlah instruksi per detik berbeda dari satu aplikasi dengan aplikasi yang lain. Aplikasi yang rumit misalnya aplikasi grafis membutuhkan perhitungan yang lebih lama. Kinerja memori juga mempengaruhi kinerja prosesor. Isu ini diabaikan dalam perhitungan memakai instruksi per detik (IPS), sehingga ilmuwan menciptakan uji standar seperti SPECint dalam mengukur kinerja prosesor dengan memperhatikan variabel-variabel yang ada sehingga mendekati kinerja yang lebih nyata.

Istilah “instruksi per detik” umumnya diasosiasikan dengan istilah lainnya seperti “ribuan instruksi per detik” (Inggris: thousand instructions per second disingkat kIPS), “jutaan instruksi per detik” (Inggris: million instructions per second disingkat MIPS) atau “jutaan operasi per detik” (Inggris: million operations per second disingkat MOPS).

Istilah “ribuan instruksi per detik” jarang digunakan karena kebanyakan mikroprosesor modern mampu menghitung jutaan instruksi per detik. Ribuan di sini bermakna 1000 dan bukan 1024.

Istilah “jutaan instruksi per detik” atau MIPS umum digunakan untuk mengukur kecepatan prosesor modern. Tetapi karena MIPS tidak memperhitungkan variabel-variabel lainnya seperti kecepatan memori dll sehingga MIPS tidak bisa dipakai untuk membandingkan arsitektur CPU. Dikarenakan hal tersebut, MIPS memiliki singkatan lain oleh para pengritik yaitu “Meaningless Indication of Processor Speed” (indikasi kecepatan prosesor yang tidak berguna) atau “Meaningless Information on Performance for Salespeople” (informasi kinerja tidak berguna yang dipakai penjual) atau “Meaningless Integer Performance Spec” (Informasi spesifikasi kinerja yang tidak berguna).

Untuk versi instruksi per detik yang memakai bilangan mengambang (floating-point) dinamakan FLOPS.

Pada 1970-an, kinerja komputer mini dibandingkan menggunakan VAX MIPS, dimana komputer diukur berdasarkan sebuah tugas dan kinerjanya dibandingkan terhadap VAX 11/780 yang dipasarkan sebagai mesin “1 MIPS” (pengukuran ini juga dikenal dengan “VAX Unit of Performance” atau VUP). VAX 11/780 secara kasar sebanding dengan kinerja IBM System/370 model 158-3, yang secara umum diterima dalam industri komputer sebagai mesin yang berkecepatan 1 MIPS.

Kebanyakan mikroprosesor 8-bit dan 16-bit pertama memiliki kinerja yang diukur dalam kIPS (atau 0,001 MIPS). Mikroprosesor serbaguna Intel yang pertama, Intel i8080 memiliki kecepatan 640 kIPS. Mikroprosesor Intel i8086 yang merupakan mikroprosesor 16-bit pertama yang dipakai dalam IBM PC memiliki kecepatan 800 kIPS. Komputer pribadi 32-bit pertama memiliki kecepatan 3 MIPS.

Selain MIPS dan kIPS, istilah zMIPS digunakan dalam internal IBM untuk mengukur kinerja mainframe zSeries dan System z9.

FLOPS
FLOPS adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris Floating point Operations Per Second yang merujuk pada satuan untuk jumlah perhitungan yang dapat dilakukan oleh sebuah perangkat komputasi (dalam hal ini adalah komputer) terhadap bilangan pecahan (floating point) tiap satu satuan waktu. FLOPS merupakan satuan pengukuran kecepatan kinerja suatu mikroprosesor biasanya dalam aplikasi ilmiah (scientific application), seperti untuk menghitung/mensimulasikan data pergerakan Bumi secara waktu nyata. Sebagai contoh, superkomputer Cray 1 mempunyai kemampuan untuk melakukan kalkulasi sebanyak 80 juta kalkulasi terhadap bilangan pecahan dalam 1 detik, dan dapat dinyatakan dalam satuan 80 MFLOPS/MegaFLOPS.

Leave a Reply