December 17th, 2010 by catur

TUGAS PEMROGRAMAN JARINGAN

PEMROGRAMAN JDBC

I. REQUIREMENT SYSTEM

Pak Wahyudi, pemilik video rental, ingin mengkomputerisasi sistem peminjaman video di tempat usahanya. Adapun cara kerja dan diskripsi dari sistem yang akan dibangun adalah sebagai berikut.

Apabila pelanggan ingin menyewa sebuah film, Pak Wahyudi harus bisa mencari pelanggan tersebut dalam sistem atau untuk menambah pelanggan baru (nama, nomor KTP, alamat, nomor telepon)  ke sistem. Untuk suatu judul film, kadang-kadang ada 2 format film yang tersedia, yaitu DVD dan VCD. Jika pelanggan ingin tahu apakah suatu film tersedia, pelanggan harus dapat melakukan pencarian ke sistem. Untuk suatu film ada beberapa salinan (copy) yang tersedia, dan sistem harus bisa melacak copy mana yang disewa oleh seorang  pelanggan.

Jika ada film yang baru dibeli, Pak Wahyudi harus dapat menambahkannya ke sistem. Dia juga harus dapat mengedit informasi suatu film, misalnya tentang biaya sewa atau jumlah copy jika ada yang rusak/hilang. Dalam rangka untuk memikat lebih banyak pelanggan ke tokonya, Pak Wahyudi memiliki penawaran istimewa “Sewa 3 Gratis 1 !“. Penawaran ini harus ditangani secara otomatis oleh sistem.

Ketika seorang pelanggan menyewa beberapa film, total biaya sewa yang harus dibayar harus tercantum secara otomatis, sehingga Pak Wahyudi tidak perlu melakukan perhitungan secara manual. Juga penting diketahui bahwa data pelanggan dapat diperbarui jika perlu, misalnya jika pindah alamat atau nomor telepon.

Pak Wahyudi juga ingin dapat memantau film apa saja yang disewa oleh seseorang dan kapan kembalinya. Karena itu, dia ingin daftar semua film yang disewa dan kapan kembalinya  diurutkan berdasarkan tanggal sewa sehingga dia tahu pelanggan mana yang perlu ditelepon atau didatangi.

Pak Wahyudi juga harus bisa menghapus data pelanggan jika pelanggan menginginkan. Dia juga ingin bisa menghapus film jika film tersebut sudah dianggap kuno.

II. TUGAS YANG HARUS ANDA LAKUKAN

  1. Membuat requirement model yang memuat requirement list, use case diagram beserta deskripsi setiap use case
  2. Melakukan requirement analysis terhadap requirement model di atas, kemudian membuat class diagramnya. Membuat minimal 3 activity diagram dari use case yang ada dalam use case model.
  3. Membuat sequence diagram untuk proses peminjaman dan pengembalian film.
  4. Mengimplementasikan rancangan anda menggunakan bahasa JAVA.
  5. Mempresentasikan hasil rancangan dan demo implementasi

Jadwal Presentasi

Kelompok        Ketua                           Tanggal

  1. Deni Ahmad S            29 Desember 2010
  2. Hidayat                        29 Desember 2010
  3. Marcia A.F                  29 Desember 2010
  4. Ade Priyatna               5 Januari 2011
  5. Radar Adiansyah        5 Januari 2011

Leave a Reply