March 8th, 2012 by catur

Saat ini, sektor teknologi komunikasi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat baik dari segi teknologi, struktur industri, nilai bisnis dan ekonomi, maupun dampaknya bagi kehidupan sosial. Secara sederhana dapat dikatakan adanya perubahan yang sangat mendasar yaitu dari analog menjadi digital.

Teknologi informasi mampu menggabungkan sifat-sifat teknologi telekomunikasi yang bersifat massif dengan teknologi komputer yang bersifat interaktif. Fenomena ini dikenal sebagai konvergensi. Konvergensi adalah bersatunya layanan telekomunikasi, teknologi informasi, dan penyiaran, dimana penyelenggaraan jasa telekomunikasi merupakan kegiatan penyediaan atau pelayanan jasa telekomunikasi yang memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi melalui media apa aja, termasuk TV, siaran, radio dan multimedia.

Konvergensi mengarah pada penciptaan produk-produk yang aplikatif yang mampu melakukan fungsi audiovisual sekaligus komputasi. Maka tidak heran jika sekarang ini komputer dapat difungsikan sebagai pesawat televisi, atau telepon genggam dapat menerima suara, tulisan, data maupun gambar tiga dimensi. Itu hanya sedikit dari contoh nyata, bahwa semua aspek kehidupan, tanpa terasa tengah menggiring kita menuju ke platform yang satu, yaitu platform digital.

Kemajuan teknologi telah menjadikan fungsi teknologi informasi dan komunikasi menjadi konvergen sehingga kini muncul istilah ICT (Information and Communication Technology). Makin nyata, ICT dengan kemampuan multimedia telah merasuk dalam kehidupan kita dan semakin berpengaruh pada cara kita berkomunikasi, bekerja, berkreasi maupun mendapatkan informasi dan hiburan, dari manapun, tanpa dibatasi lagi oleh ruang dan waktu.

Internet dan telepon seluler memiliki peran penting sebagai medium untuk konvergensi multimedia saat ini.  Ponsel telah berevolusi menjadi perangkat pintar yang dapat melakukan berbagai fungsi tambahan. Telepon seluler tidak lagi hanya sebagai perangkat teknologi tetapi sudah menjadi media masa baru yang ke tujuh setelah media cetak, rekaman, film, radio, TV dan internet. Internet juga mempermudah setiap orang mencari dan mendapatkan informasi dalam beragam bentuk, dari gambar, teks, video dan juga suara.  Penggunaan teknologi digital membuat penggunaan format multimedia tersebut dapat dilakukan.

Konvergensi telah membuka celah untuk membuat profesi baru di dunia industri. Contohnya adalah peluang baru di dunia profesi jurnalistik online dan yang terkait dengannya akan makin terbuka lebar. Contoh lainnya adalah pada layanan pada sektor industri jasa dan konten yang akan marak seiring dengan penggunaan media konvergensi tersebut.

 

Leave a Reply