November 18th, 2014 by catur

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Pada tahun 2020 istilah ‘antarmuka’ (interface) dan ‘pengguna’ (user) diprediksi akan hilang di saat komputer akan bergabung lebih erat dengan manusia. Hal ini merupakan salah satu perkiraan yang disebut dalam laporan yang disusun dengan bantuan Microsoft berdasarkan pembahasan 45 akademisi dari berbagai bidang ilmu komputer, sosial, sosiologi dan psikologi.
    Jelaskan riset atau penemuan terbaru di bidang Interaksi Manusia dan Komputer
  2. User interface sebagai salah satu bagian dari perangkat lunak mempunyai peranan penting dalam membantu kita untuk mengerti apa yang terjadi antara pengguna dan sistem juga menterjemahkan tujuan dan apa yang diinginkan oleh user serta apa yang harus dikerjakan oleh sistem. Pada saat ini aplikasi berbasis web lebih mendominasi dan menyamai aplikasi desktop dari segala hal termasuk interface. Aplikasi yang banyak menggunakan Iconic Interface adalah aplikasi Content Management System (CMS). Jelaskan perkembangan CMS dalam kaitannya dengan Interface pada Aplikasi Web. Berikan contohnya (disertai dengan screenshot).
  3. Bandingkan 3 jenis sistem operasi yang Anda kenal. Tuliskan kelebihan-kelebihan dalam hal fasilitas user interfacenya. Jika menurut anda ternyata mengandung kelemahan, tuliskan juga.
  4. Biometrik adalah bentuk dari identifikasi seseorang atau user dan kontrol akses berdasarkan atribut-atribut fisiologi seperti sidik jari, wajah dan retina untuk pengenalan / identifikasi seseorang. Biometrik juga dapat mengidentifikasi pengguna berdasarkan kecenderungan kebiasaan seperti pola bicara dan ritme pengetikan. Jelaskan penerapan teknologi biometrik dalam perancangan user interface dan aplikasi. Berikan contoh aplikasinya (disertai dengan screenshot).

Jawaban ditulis dalam format .DOC, dikirimkan ke email catur[at]akprind.ac.id; dengan Subject: Tugas1-IMK-<nomhs>.

Jawaban dikirim maksimal hari Kamis (20 Nop 2014) jam 24.00 WIB.

One Response to “Tugas 1 – Interaksi Manusia dan Komputer”

  1. siap pak

Leave a Reply