September 1st, 2016 by catur

Selamat Datang Garda Muda IST AKPRIND.

Kegiatan SASIDIWA (Masa Orientasi Study Mahasiswa) dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengenalan dan sekaligus pengarahan mengenai sistem pembelajaran di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta baru saja usai dilaksanakan. Setelah mengikuti kegiatan ini para mahasiswa baru diharapkan mempunyai pemahaman mengenai sistem pembelajaran di perguruan tinggi dan mampu menyusun rencana study sehingga dapat menyelesaikan study dalam waktu yang relatif singkat.
Makna menjadi mahasiswa lebih dari sekedar terdaftar dan belajar di perguruan tinggi. Mahasiswa yang diharapkan akan menjadi pelopor bagi kemajuan hidup masyarakatnya, memerlukan lebih dari sekedar kuliah di kelas dan menghafal apa yang dikatakan dosen.  Sejak awal seorang mahasiswa harus membiasakan diri berkutat dengan berbagai persoalan dalam masyarakat sebab persoalan-persoalan itu nantinya akan jadi persoalannya. Menjadi mahasiswa berarti menjadi orang yang terlibat dalam persoalan-persoalan masyarakatnya.
Mulai hari ini, anda memasuki tahap pendidikan lanjutan, setelah anda berhasil menyelesaikan tahap pendidikan sebelumnya. Pada tahap pendidikan lanjutan ini, anda akan mengikuti suatu proses pendidikan yang lebih tinggi, yang keberhasilannya selain ditentukan oleh kemampuan akademis, juga ditentukan oleh kedewasaan, kemandirian, ketekunan, dan kerja keras.
Selain membekali mahasiswa dengan kemampuan akademis yang cukup, IST AKPRIND juga membekali lulusannya dengan nilai-nilai etika inti seperti kepedulian, kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan rasa hormat terhadap diri dan orang lain bersama dengan nilai-nilai kinerja pendukungnya seperti ketekunan, etos kerja yang tinggi, dan kegigihan–sebagai basis karakter yang baik agar mampu bersaing dalam era globalisasi.
Soft skill memang tidak ditentukan oleh prestasi akademik (misalnya lulus cum laude) atau masa studi singkat, tetapi lebih dipengaruhi oleh sifat-sifat kepemimpinan, kreativitas, kerapian tampilan, dan kecerdasan sosial. Oleh sebab itu, melalui kegiatan ekstra kurikuler yang terstruktur dan terencana dengan baik, unit-unit kegiatan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan lainnya akan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kedewasaan dan kemandirian mahasiswa. Dengan demikian, para mahasiswa diminta secara aktif memanfaatkan dan mengikuti dengan baik kegiatan-kegiatan tersebut. Kegiatan ekstra kurikuler dan organisasi kemahasiswaan diharapkan menjadi program pemberdayaan kapasitas mahasiswa, mulai dari peningkatan kemampuan kolektif, demokratisasi pengetahuan, keberpihakan pada lingkungan masyarakat, perubahan pola pikir, komitmen tanpa paksaan, sebagai subjek kegiatan, dan integrasi hasil program dan kegiatan nyata.
Sebagaimana peribahasa “Man Jadda Wajada”—Siapa bersungguh-sungguh, ia akan berhasil. Jalan sukses itu sudah luas terbentang. Tinggal bagaimana saudara mengembangkan diri dan memandang hidup. Bukan orangtua, pasangan, atau bahkan dosen yang akan menentukan kesuksesan saudara. Setiap jalan sukses selalu akan bertemu dengan tantangan dan rintangan. Yakinlah, dengan kesungguhan, kerja keras, dan mencintai apa yang saudara kerjakan, saudara akan mendapatkan jalan keluar dari semua kesulitan.
Saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru. Selamat belajar dan berkarya.  Gali potensi diri, raih prestasi dan cita-cita.

Leave a Reply